Main Article Content

Abstract

Sistem informasi manajemen sebagai dasar dan alat bantu untuk informasi serta pengambilan keputusan menjadi penting keberadaannya terutama terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan dalam rumah saki bhayangkarat. Informasi yang terintegrasi dan termodifikasi sesuai kebutuhan rumah sakit tidak hanya berperan dalam penyederhanaan proses pelayanan serta prosedur operasional seluruh aktivitas rumah sakit melainkan juga dalam proses pengambilan keputusan untuk pengembangan dan kemajuan rumah sakit. Sistem informasi manajemen rumah sakit dapat digunakan sebagai sarana strategis untuk memberikan pelayanan luas yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan.


 


Sistem informasi yang dibutuhkan manajemen rumah sakit adalah sistem informasi akuntansi keuangan, sistem informasi alat dan bahan/inventori, sistem informasi asset, sistem informasi admition, sistem informasi medical record, sistem informasi sumber daya manusia dan sistem informasi pemasaran, sistem billing, sistem apotek.Integrasi subsistem-subsistem tersebut membentuk satu sistem informasi manajemen di rumah sakit. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk bimbingan teknis sistem informasi manajemen rumah sakit, akan dilakukan bimbingan teknis dalam sistem billing, sistem keuangan dan sistem apotek. Integrasi subsistem-subsistem tersebut membentuk satu sistem informasi manajemen di rumah sakit.sehingga dalam pelayanan dalam rumah sakit bhayangkara akan tercipta kepuasan pelanggan.

Article Details