Main Article Content

Abstract

Artikel ini membehas tentang pengertian, pentingnya sarapan, kecerdasan intelektual dan metode muroja’ah. Metode penulisan artikel menggunakan metode deskriptif, kegiatan dilakukan di pondok pesantren YPPTQMH dengan cara sharing dan diskusi secara langsung.


Sarapan merupakan kegiatan yang penting sebelum melakukan aktivitas fisik pada pagi hari. Sarapan adalah kegiatan mengkosumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan memenuhi 20% - 25% dari kebutuhan energy total dalam sehari yang dilakukan di pagi hari sebelum kegitan belajar. Sarapan yang baik mengandung unsur empat sehat lima sempurna. Tubuh sangat membutuhkan asupan energi yang banyak karena pada pagi hari seseorang akan melakukan banyak aktivitas.


                Kecerdasan intelektual yang dimili manusia sebagaimana yang ada dalam Al-Qur’an menggambarkan secara real bahwa manusia diciptakan oleh Allah diberikan potensi yang luar biasa berupa akal dan fikiran yang mana akan memberikan perbedaan manusia dengan makluk Allah yang lainnya. Kemampuan kognitif pada itelegensi yang dapat menyesuaikan diri pada lingkungan yang dipengaruhi oleh faktor genetik.


                Metode muroja’ah dilakukan dengan cara mengulang sendiri dan mengulang dalam shalat. Muroja’ah merupakan metode dalam memelihara hafalan Al-Qur’an supaya tetap terjaga dan bertambah lancar.


 

Keywords

Sarapan, Kecerdasan Intelektual, Metode Murojaah

Article Details