Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan kepada siswa SMKN 1 Pugong, Kabupaten Tanggamus. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan dalam penggunaan gaya belajar untuk menunjang hasil belajar yang maksimal. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan siswa berbagai altalternatif untuk memahami sebuah pembelajaran dengan lebih mudah menggunakan berbagai macam gaya belajar.


Gaya belajar adalah seperangkat karateristik pribadi yang menjadikan efektif pengajaran bagi beberapa mahasiswa dan tidak efektif bagi yang lain. Ada tiga gaya belajar, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Visual adalah daya tangkap maksimal mengamati dan menggambar. Auditorial adalah daya tangkap maksimal mendengar dan berbicara. Kinestetik adalah daya tangkap maksimal dengan gerakan fisik (bergerak dan berbuat). Mengetahui gaya belajar siswa sangat besar manfaatnya, diantaranya dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa, menimbulkan motivasi belajar, dan mengurangi konflik yang timbul sebagai akibat dari belajar.


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memberikan hasil: meningkatnya pengetahuan peserta akan manfaat penggunaan gaya belajar, memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran, meningkatkan hasil belajar, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Keywords

Strategi belajar, efektif, hasil belajar

Article Details