Main Article Content

Abstract

Konsultasi dilaksanakan perorangan secara langsung untuk mendapatkan kesimpulan, informasi, nasehat dan saran. Layanan konsultasi merupakan suatu proses kerja sama dalam mendapatkan informasi atau memecahkan permasalahan seseorang yang membutuhkan informasi. Konsultan pendidikan memiliki tujuan untuk membantu orang tua, peserta didik, maupun pihak organisasi dalam merencanakan pendidikan. Konsultan pendidikan sama dengan konselor di sekolah, tetapi yang membedakan adalah konsultan pendidikan tidak bekerja untuk sekolah tetapi bekerja untuk perusahaan konsultasi pendidikan.


Di Indonesia konsultan pendidikan digunakan oleh peserta didik yang berencana melanjutkan pendidikan keluar negeri. Pendidikan merupakan proses dalam mengembangkan potensi yang telah ada dalam diri manusia untuk mencapai masa depan yang cerdas dan sejahtera. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, telah menyatakan bahwa seluruh masyarakat Indonesia memiliki hak atas pendidikan dan negara berkewajiban memberikan pendidikan yang berkualitas.


Di era globalisasi saat ini terkadang peserta didik yang baru lulus SMA, SMK dan MA menemukan kesulitan dalam menentukan jurusan teknologi untuk melanjutkan pendidikan, karena kurangnya pengetahuan terhadap Perbedaan Pendidikan Teknologi Informsi dan Teknik Informatika. Pendidikan Teknologi Informasi merupakan program studi yang bertujuan untuk mempersiapkan seorang inovator pendidikan yang tidak hanya berkompeten dalam merancang suatu inovasi pembelajaran, namun juga terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk tercapainya tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan dari peserta didik. Lain hal dengan Teknik Informatika yang merupakan salah satu jurusan yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Adapun perbedaannya di lihat dari Capaian Pembelajaran Lulusannya sangatlah berbeda.

Keywords

Konsultasi, Pendidikan, Teknologi

Article Details