Main Article Content

Abstract

Remaja  (Adolescence)  menurut World Health     Organization(WHO)     adalah periode  usia  antara  10  sampai  19  tahun. Masa  remaja  adalah  masa  transisi  antara masa anak-anak menuju kedewasa, dimana terjadi   perubahan   tubuh   (growth   spurt), timbul  ciri-ciri  seks  sekunder,  tercapainya fertilitas dan terjadinya perubahan-perubahan psikologi serta kognitif. Perubahan  fisik  pada  wanita  remaja seperti  tinggi  badan,  payudara  membesar, panggul    membesar,    Menstruasi,    kulit berminyak, tumbuh bulu pada alat kelamin dan   ketiak.   Perubahan   psikologi   seperti tertarik  pada  lawan  jenis,  cemas,  mudah sedih,  lebih  perasa,  menarik  diri,  pemalu dan pemarah.Menstruasi    adalah    proses    alamiah yang  terjadi  pada  perempuan.  Menstruasi merupakan perdarahan  yang  teratur  dari uterus     sebagai     tanda     bahwa  organ kandungan   telah   berfungsi   matang .


Metode penyuluhan menggunakan merode ceramah, media penyuluhan menggunakan  leaflet . subyek dalam pengabdian masyarakat ini adalah seluruh siswi kelas 4,5 dan 6 sebanyak 25 orang . tempat penyuluhan adalah di SD IT AL-HANIF dan waktu dilaksanakan penyuluhan adalah bulan April 2022.


Hasil dari penyuluhan didapatkan Sebelum dilakukan penyuluhan hanya 4 orang ( 16%) yang mengetahui tentang Menstruasi . setelah diberikan penyuluhan seluruh siswa sudah mengerti dan memahami materi Mentruasi .saran bagi orang tua dan guru adalah memberikan edukasi dan saling berkomunikasi agar siswi bisa tahu dengan keadaanya selama Menstruasi.

Keywords

Menstruasi, Remaja. penyuluhan

Article Details