Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) oleh Prodi DIII Teknik Elektronika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Aisyah Pringsewu ini dilaksanakan di SMK N 1 Pugung, Kabupaten Tanggamus dengan sasaran siswa-siswi kelas XI dan XII Prodi Elektronika.


Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu untuk  melakukan pengabmas melalui penyuluhan dan pelatihan guna memberikan pengetahuan tentang standarisasi Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL-2011), memberikan motivasi serta pengalaman melaksanakan instalasi listrik yang benar berstandar PUIL-2011.


Materi yang diberikan dalam pelatihan kegiatan pengabmas ini diantaranya meliputi: sambungan kabel, loop kabel, dan pemasangan kabel, instalasi box sekering, sakelar tunggal dan sakelar seri, serta merangkai lampu, instalasi sakelar, dan stop kontak. Waktu pelaksanaan selama satu hari pada tanggal 6 April 2021.


Penyuluhan dilakukan secara tatap muka langsung dengan melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan pengabmas ini diikuti oleh 20 peserta, 2 orang pemateri, 1 orang moderator, 1 orang pembawa acara, 1 orang teknisi, dan 2 orang dokumentasi. Acara  dilaksanakan dengan teknik penyampaian materi dan demonstrasi. Para peserta mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib sampai akhir kegiatan.


Setelah pelaksanaan kegiatan ini diharapkan siswa mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan tentang PUIL-2011, sehingga mampu untuk melakukan evaluasi instalasi listrik di rumahnya masing-masing dan tetangga di sekitarnya, apakah sudah sesuai standar PUIL atau belum. Setelah itu mereka juga dapat melakukan perawatan dan perbaikan instalasi listrik yang sesuai standar PUIL-2011.

Keywords

Instalasi listrik PUIL-2011 sakelar

Article Details