Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran TIK

  • Salman Alfarisi Salimu Universitas Aisyah Pringsewu
  • Agustinus Eko Setiawan Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: AndroidMedia Pembelajaran ADDIE TIK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterbatasan sumber belajar TIK di Kelas Sepuluh pada tahun ajaran 2021/2022. Hal ini terjadi karena kurangnya media pembelajaran yang menarik minat siswa. Oleh karena itu penulis berupaya merancang modul pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas Sepuluh Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Metode penelitian dan pengembangan ini (R&D). Subjek penelitian berjumlah 40 orang siswa Kelas Sepuluh. Metode penelitian ini menggunakan analisis (ADIIE), dengan tahapan perancangan dan pengembangannya adalah sebagai berikut : (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi (5) Evaluasi.

Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan menilai uji validator untuk Media pembelajaran berbasis android Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas Sepuluh Genap sebesar 83,03%, sehingga tingkat validitas dapat diartikan valid untuk digunakan. Hasil penilaian uji kepraktisan secara keseluruhan penilaian kepraktisan Media Pembelajaran berbasis android Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas Sepuluh sebesar 85,94%, sehingga taraf praktikum sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji keefektifan secara keseluruhan menilai keefektifan Media Pembelajaran berbasis android Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas Sepuluh sebesar 82,24% sehingga keefektifannya dapat diartikan baik digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli dan hasil uji coba lapangan Media Pembelajaran Berbasis Android sebagai media pembelajaran telah terbukti kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran keterampilan komputer. kelas sepuluh.

Published
2022-11-12