GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG KANKER PAYUDARA DI SMA NEGERI 1 BUNGKAL KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO

  • Risye Endri Purwiyanti STIKES Buana Husada Ponorogo
Keywords: Pengetahuan, Remaja Putri, Kanker Payudara.

Abstract

Kanker payudara merupakan tumor ganas yang menyerang jaringan payudara dan menyebabkan perubahan bentuk sel dan jaringan payudara menjadi abnormal dan bertambah banyak. Seorang wanita baru terdeteksi kanker payudara pada stadium lanjut karena berpengetahuan kurang atau rasa malu sehingga terlambat melakukan pemeriksaan. Penting untuk remaja putri mengetahui informasi tentang kanker payudara agar dapat melakukan deteksi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja putri tentang kanker payudara.

Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua remaja putri SMA Negeri 1 Bungkal sebanyak 110 remaja putri. Sampel sebanyak 87 remaja putri dengan teknik sampling yang digunakan Stratified Proportional Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini Pengetahuan Remaja Putri tentang Kanker Payudara. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif yang disajikan dalam tabel frekuensi.

Pengetahuan remaja putri tentang pengertian kanker payudara sebesar (72,41%) cukup, penyebab kanker payudara sebesar (51,72%) kurang, gejala kanker payudara sebesar (51,72%) kurang, pencegahan kanker payudara dan pemeriksaan SADARI sebesar (50,57%) kurang dan tentang kanker payudara secara umum sebesar (73,56%) cukup.

Remaja putri mempunyai pengetahuan yang cukup tentang kanker payudara. Kerja sama pihak sekolah dengan tenaga kesehatan dalam memberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri.

Published
2020-09-30