PENGARUH KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING (EDMODO) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI KEBIDANAN AMBON POLTEKKES KEMENKES MALUKU

  • Viqy Lestaluhu
  • Sitti Sarifah Kotarumalos Poltekkes Kemenkes Maluku
  • Wahyuni Sammeng Poltekkes Kemenkes Maluku
Keywords: Edmodo, Snowball Throwing, Hasil Belajar

Abstract

E-Learning merupakan inovasi dalam dunia pendidikan yang sangat berkontribusi tinggi dalam hal perubahan proses pembelajaran. Materi bahan ajar dapat dikemas dalam berbagai format dan bentuk yang dinamis agar lebih menarik. Salah satu e-learning yang dapat digunakan adalah aplikasi edmodo. edmodo berfungsi sebagai platform penugasan dan interaksi antar dosen dan mahasiswa, sehingga edmodo memungkinkan untuk diterapkan sebagai penunjang proses pembelajaran. E-learning dapat dikombinasikan dengan metode pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah snowball throwing yang bermanfaat dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experiment dengan rancangan randomized subject, pretest-posttest control group design. Sampel sebanyak 50 responden yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil analisis uji Wilcoxon Test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa antara sebelum dan setelah diberikannya intervensi (p=0,000). Selain itu hasil uji Mann Whitney Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa Prodi Kebidanan Ambon antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kombinasi metode pembelajaran e-learning (edmodo) dan snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Diharapkan metode pembelajaran tersebut dapat diaplikasikan dan menjadi bahan referensi dalam proses belajar mengajar pada mahasiswa kebidanan agar mutu lulusan dapat ditingkatkan.

Published
2020-09-30