Main Article Content

Abstract

Pada awal kehamilan banyak perubahan yang terjadi pada tubuh salah satunya adalah emesis. Gejala emesis terjadi pada 70-85% dari semua wanita yang mengalami kehamilan.  Gejala emesis dapat menyebabkan risiko gizi kurang, Hal ini disebabkan nafsu makan menurun dan konsumsi makanan yang tidak memenuhi kebutuhan gizi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara jenis makanan dengan pemenuhan gizi pada kehamilan trimester I di BPM Emesis Desa Pertambangan Rasmi Kecamatan Pertambangan Semanding Tuban.


Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Seluruh populasi ibu hamil emesis BPM Rasmi trimester I sebanyak 36 responden, dengan teknik Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 33 responden. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji Koefisien Phi dengan derajat kepercayaan yang digunakan adalah 95%.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara jenis makanan dengan pemenuhan kebutuhan gizi ibu hamil emesis (p=0,000; Koef Phi=0,748). Dapat disimpulkan bahwa jenis makanan yang tepat dapat memenuhi pemenuhan gizi yang baik. Untuk itu tenaga kesehatan harus memperhatikan dan memberikan saran dalam memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil, karena jenis makanan yang tepat adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin.

Keywords

Jenis Makanan, Pemenuhan Gizi, Kehamilan Emesis

Article Details