Main Article Content

Abstract

Masa remaja merupakan masa pertumbuhan yang sangat pesat ditandai dengan perubahan fisik dramatis menyebabkan remaja sangat memperhatikan tubuhnya. Ada sebanyak 85% perempuan muda sangat khawatir dengan penampilannya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi citra tubuh remaja putri salah satunya adalah gaya hidup dan pola makan, yang akan mengakibatkan status gizi seseorang menjadi normal dan tidak normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan citra tubuh remaja putri.


Desain penelitian menggunakan analitik observasional korelasi dengan pendekatan waktu adalah cross sectional dengan  Populasi 286 siswa remaja putri, sehingga didapatkan besar sampel 168 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan pengumpulan menggunakan observasi dan kuesioner, sedangkan uji statistik yang digunakan adalah chi square.


  Berdasarkan hasil penelitian didapatkan responden dengan citra tubuh yang positif lebih banyak dengan status gizi normal sebesar 37%. Sedangkan untuk citra tubuh yang negatif lebih banyak tidak berbeda jauh pada remaja putri dengan status gizi yang kurang sebesar 26,1% dan remaja dengan status gizi yang normal sebesar 28%. Berdasarkan uji chi square didapatkan p value=0,000, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya dengan demikian terdapat hubungan antara status gizi dengan citra tubuh remaja.


Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa status gizi mempengaruhi citra tubuh seorang remaja, diharapkan keluarga maupun masyarakat dapat memberikan motivasi dan dukungan pada remaja yang mengalami ketidak puasan terhadap citra tubuh, sehingga remaja tidak mengalami perubahan status gizi dalam perkembanganya.

Keywords

Status Gizi, Citra Tubuh, Remaja Putri

Article Details