Main Article Content

Abstract

Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi atau yang disebut P4K adalah program yang ditujukan untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan bahwa cakupan P4K yang paling rendah ada di Puskesmas Pacet (48,22%). Adanya komplikasi kehamilan di Puskesmas Pacet dengan 321 orang atau (18,2%). Dengan kejadian komplikasi terjadinya KEK sebanyak 10,2%, anemia pada kehamilan 16,6%, abortus 8,6%, 9,6%, hipertensi 20,6%, gestational diabetes 5,2% perdarahan 29,2%.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan suami ibu hamil tentang program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi di Puskesmas Pacet Kabupaten Bandung Tahun 2019.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu mengenai gambaran dukungan suami tentang P4K. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling yaitu sebanyak populasi berjumlah 74 orang. Analisa data menggunakan analisa univariat.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan suami pada ibu hamil tentang P4K lebih dari setengahnya responden mendukung sebanyak 63,5%.


Saran bagi pihak puskesmas diharapkan untuk selalu memberikan pemahaman tentang pentingnya dukungan suami pada ibu hamil.

Keywords

ibu hamil Dukungan Suami P4K

Article Details