Main Article Content

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia mencapai 15 per 1000 kelahiran hidup dan Angka Kematian Bayi  mencapai 24 per 1000 kelahiran ibu  (Kemenkes, 2018). Laporan Tugas Akhir ini  bertujuan untuk  memberikan Asuhan kebidanan secara komprehensif pada ibu Hamil sampai dengan Keluarga Berencana dengan  metode pendekatan manajemen kebidanan. Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan yang menyebabkan  terjadinya bahaya dan komplikasi yang lebih besar terhadap ibu maupun janin yang dikandungnya selama kehamilan, persalinan atau pun nifas bila  di bandingkan dengan  kehamilan, persalinan dan nifas normal.


Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun studi kasus ini adalah Observasional Deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus adalah uraian dan penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek seorang individu, suatu kelompok, suatu organisasi (komunitas), suatu program, atau situasi social. Dalam studi kasus ini, lokasi studi kasus di lakukan di PMB "SRI MUNDARIJATI, Amd.Keb"  Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Dalam studi kasus ini dilakukan pada tanggal 1 April sampai 30 April 2021. Subjek studi kasus merupakan informasi subjek penelitian yang terlibat, Subjek dalam studi kasus ini akan dilakukan pada Ny.E dengan asuhan kebidanan komprehensif pada ibu hamil Ny.E, persalinan, nifas, By. Ny.E, serta KB.


Hasil pemeriksaan pada Ny.E yaitu TD: 90/70 mmHg, N: 80 kali/menit, RR: 22 kali/menit, BB: 47 kg, S: 36,4oC. LILA 22 cm. Teori yang menyatakan bahwa LILA normal untuk ibu hamil yaitu ≥23,5 cm. (Buku KIA, Kemenkes RI, 2017). TFU 3 jari di bawah px.  Penatalaksanaan yang diberikan kepada Ny.E memberitahu hasil pemeriksaan yang dilakukan dan memberi saran kepada Ny.E untuk melakukan cek lab terlebih dahulu sebelum melakukan pasca persalinan, sehingga merasa lebih yakin dan nyaman karena mendapatkan gambaran tentang pentingnya pengawasan untuk penanganan jika terjadi komplikasi pada saat hamil. Diharapkan bagi PMB "Sri Mundarijati, Amd.Keb" lebih meningkatkan mutu pelayanan agar dapat memberikan asuhan yang lebih baik sesuai dengan standar asuhan kebidanan serta mengikuti lebih banyak pelatihan dan workshop agar dapat menerapkan setiap asuhan kebidanan sesuai dengan teori dari mulai kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir dan keluarga berencana, serta pelatihan APN

Keywords

Kehamilan, Persalinan, Nifas, Bayi Baru lahir, Keluarga Berencana

Article Details