Main Article Content

Abstract

Persalinan lama merupakan persalinan yang berlangsung lebih lama dari 24 jam dan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan mengakibatkan ibu mengalami infeksi, kehabisan tenaga sebelum bayi dilahirkan, dehidrasi, kadang dapat terjadi pendarahan. Adapun upaya fisiologis yang dapat dilakukan untuk mencegah persalinan lama adalah dengan terapi birth ball. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi birth ball pada primigravida terhadap lamanya persalinan kala I di PMB Meri Wiliandari dan PMB Sri Wartini Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah tahun 2021.


Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pra experiment dengan pendekatan dengan cara static group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin di PMB Meri Wiliandari dan PMB Sri Wartini Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah sebanyak 20 bersalin dengan rincian sampel yaitu 10 ibu bersalin kasus dan 10 ibu kontrol dan teknik pengambilan sampel secara quota sampling. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat menggunakan uji t tidak berpasangan.


Hasil penelitian membuktikan ada ada pengaruh terapi birth ball pada ibu bersalin primigravida terhadap lamanya persalinan kala I di PMB Meri Wiliandari dan PMB Sri Wartini Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah tahun 2021 dengan nilai p-value = 0,030. Ibu bersalin selama hamil hendaknya mencari informasi selengkapnya mengenai persalinan terutama metode dalam menghadapi proses persalinan yaitu metode birth ball.

Keywords

Terapi Birth Ball persalinan kala I primigravida

Article Details