Main Article Content

Abstract

Kanker Serviks merupakan masalah kesehatan wanita di Indonesia, ada 347.792 orang yang menderita kanker. Kanker servik adalah kanker yang muncul pada leher rahim disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus (HPV). Dampak yang akan terjadi yaitu kematian terhadap wanita jika tidak di deteksi secara dini gejala kanker serviks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi wanita usia subur dalam melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks metode IVA di wilayah kerja UPTD Puskesmas Rawat Inap Semuli Raya.


Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross-Sectional. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah 3.883, dengan menggunakan rumus Slovin di dapatkan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik yang digunakan yaitu stratified sampling dan aksidental sampling. Dan data dianalisis dengan analisis univariat dan bivariat.


Hasil uji statistik didapatkan bahwa nilai setiap variabel yang mempunyai pengaruh antara lain : Tingkat pengetahuan (p=0,000), tingkat pendidikan (p=0,012), sikap (p=0,019), dukungan petugas kesehatan (p=0,045), akses menuju pelayanan kesehatan (p=0,021), dan yang tidak ada pengaruh dengan perilaku wanita usia subur dalam pemeriksaan IVA antara lain : Dukungan suami (p=0,383), dan keterjangkauan biaya (p=1,000).


Diharapkan wanita usia subur meningkatkan kesadaran untuk melakukan IVA tes guna mendeteksi dini adanya kanker serviks. Dan dapat menekan angka kesakitan serta kematian WUS akibat kanker serviks.

Keywords

Kanker Serviks Deteksi Dini IVA

Article Details