Main Article Content

Abstract

Salah satu gangguan menstruasi adalah disminorea. Salah satu factor yang menyebabkan dismenorea adalah faktor psikis. Faktor psikis ini dapat ditimbulkan oleh stres karena kurangnya pengetahuan remaja tentang menstruasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja tentang disminorea primer dengan upaya penanganan yang dilakukan Siswi Kelas VII di SMP Negeri 18 Pesawaran tahun 2019.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Waktu pelaksanaannya dilakukan di SMP Negeri 18 Pesawaran pada bulan Februari 2019. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswi kelas VII di SMP Negeri 18 Pesawaran sebanyak 93 siswi, sampel penelitian sebanyak 86 siswi, teknik sampel menggunakan total sampling.


Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan pengetahuan remaja tentang disminorea primer dengan upaya penanganan yang dilakukan Siswi Kelas VII di SMP Negeri 18 Pesawaran tahun 2019, dengan p-value 0.000 <0.05. Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan disminorea primer dan upaya penanganan disminorea primer sehingga siswi dapat maslaah disminorea agar tidak menggu aktivitas sehari-hari terutama kegiatan belajar mengajar.

Keywords

Disminorea Primer Pengetahuan Remaja

Article Details