Main Article Content

Abstract

Status gizi seorang wanita selama kehamilan merupakan masa paling kritis karena malzat gizi yang terjadi pada ibu dapat meningkatkan resiko bagi bayinya seperti bayi lahir dengan bayi berat lahir rendah.Salah satu metode penilaian status gizi ibu hamil yaitu dengan melakukan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA).Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahuiHubungan Status Gizi Ibu Hamil Dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Wiayah UPTD Puskesmas Ngarip Keamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun 2019.


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Case Control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bayi dengan berat lahir rendah yang berada di wilayah di wilayah kerja UPTD Puskesmas Ngarip dengan jumlah 25 bayi. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara  total sampling yaitu seluruh Bayi berat lahir rendah (BBLR) sebanyak 25 bayi, kemudian karena menggunakan perbandingan 1:1 maka sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi 25 sebagai sampel kasus dan 25 sebagai control. Uji statistik dengan menggunakan uji Chi square.


Hasil analisis dan pengolahan data didapatkan ada hubungan antara status gizi Ibu hamil dengan kejadian bayi berat lahir rendah (BBLR) di wilayah kerja UPTD Puskesmas Ngarip Kecamatan Ulu Belu Tahun 2019 dengan p –value 0.001<0,05 . Diharapkan menjadi dasar bagi tenaga kesehatan untuk melakukan deteksi awal untuk mencegah terjadinya BBLR serta dapat  meningkatkan promosi kesehatan mengenai kebutuhan gizi pada ibu hamil dalam menurunkan angka kematian pada bayi baru lahir.

Keywords

Status Gizi Ibu Hamil BBLR

Article Details