Gaya Mengajar Terhadap Hasil Servis Atas Bola Voli
Abstract
Hasil observasi di lapangan pada siswi ektrakurikuler SMP Negeri 1 Sukoharjo, Pringsewu Lampung yang masih mengalami kesulitan dalam melakukan servis atas, hal ini mungkin disebabkan oleh penggunaan gaya mengajar yang tidak sesuai saat pemberian materi servis atas saat pembelajaran kurang tepat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Negeri 1 Sukoharjo, Pringsewu Lampung yang berjumlah 32 siswi. Besarnya sampel yang diambil yaitu sebanyak 32 siswi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA, terlebih dulu digunakan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas sampel (Normality test menggunakan SPSS 22 dengan taraf signifikansi > 0,05) dan Uji homogenitas varians (Levene’s Test of Equality of Error Variances menggunakan SPSS 22 dengan taraf signifikansi > 0,05). Hasil penelitian adalah Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar komando dan gaya mengajar latihan dalam meningkatkan hasil servis atas bola voli (p < 0,05).