Penguatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah dalam Implementasi Pembelajaran Berorientasi Literasi Membaca di Kabupaten Lampung Timur
-
DOI:
https://doi.org/10.30604/abdi.v7i1.1799Keywords:
Literasi Membaca, Guru Madrasah Aliyah, Service LearningAbstract
Kemampuan literasi membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar. Kemampuan literasi yaitu salah satu indikator penting yang membantu memajukan kinerja generasi muda untuk mencapai kesuksesan. Namun saat ini kemampuan literasi membaca siswa di Indonesia masih rendah termasuk siswa Madrasah Aliyah. Selain faktor rendahnya minat baca, hal ini disebabkan oleh guru yang belum memahami dan mengimplementasikan proses pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan literasi membaca. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi guru dalam memahami dan mengimplementasikan pembelajaran yang berorientasi kemampuan literasi membaca. Metode yang digunakan berupa Service Learning, yang terdiri dari tiga langkah utama yaitu 1) Context, 2) Process, dan 3) Outcome. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menguatkan kompetensi guru dalam memahami dan mengimplementasikan pembelajaran yang berorientasi kemampuan literasi membaca sehingga bisa meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa.