PERAN KELUARGA TERHADAP ANAK DALAM LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI

Authors

  • Alfina Universitas Aisyah Pringsewu
  • Salman Alfarisi Salimu Universitas Aisyah Pringsewu
  • Fitra Endi Fernanda Universitas Aisyah Pringsewu
  • Evi Ferina Amalia Universitas Aisyah Pringsewu
  • Daya Ikhsan Almasir Universitas Aisyah Pringsewu
  • Nadia Setiani Universitas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.30604/abdi.v3i3.398

Keywords:

Peran Keluarga, SMAN 2 Pringsewu, Teknologi Informasi.

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi setiap anak dan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan kepribadian anak. Keluarga sangat penting untuk keberlangsungan pendidikan anak di zaman pandemi covid-19. Sehingga saat sekarang ini pendidikan dilakukan secara online, dimana peserta didik belajar dari rumah dengan menggunakan teknologi Gadget, Leptop dan Komputer sehingga orang tua mendampingi anak dalam belajar. Penggunaan teknologi pada anak akan menimbulkan dampak positive maupun dampak negative.

        Penggunaan handphone pada  anak, dapat berakibat buruk pada anak, diantaranya: 1) mengganggu pertumbuhan otak anak; 2) tumbuh kembang yang lambat; 3) obesitas; 4) kurang tidur; 5) kelainan mental; 6) sikap agresif; 7) kecanduan; 8) pikun digital; 9) radiasi emisi; 10) proses  belajar yang tidak berkelanjutan.

        Pemanfaatan teknologi oleh anak  butuh bimbingan dari orang tua. Karena teknologi tidak hanya menyajikan konten positive, namun di dalam teknologi juga terdapat aspek negative. Perlu dilakukannya pantauan dalam penggunaan  teknologi bagi anak oleh orang tua. Jika dilakukan pengarahan pemanfaatan teknologi yang baik dan tepat oleh orang tua, maka teknologi dapat menjadi sebuah sarana belajar yang menyenangkan bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-31