Main Article Content
Abstract
Menulis karya ilmiah bagi yang sudah biasa adalah hal yang sangat menyenangkan dan mudah, tetapi bagi yang belum pernah terasa sangat sulit. Jadi masalahnya sebenarnya terletak pada pembiasaan menulis karya ilmiah, artinya kesulitan utama lebih pada proses membiasakan diri untuk mau dan berani menulis. Di samping itu karena sering menulis akan menjadi piawai dalam mengemas gagasan-gagasan intelektual dalam bentuk artikel ilmiah. Dalam rangka mengolah rasio pikirnya siswa akan lebih baik bila siswa berinteraksi satu sama lain dengan teman belajarnya. Interaksi ini biasanya terjadi dalam kelompok-kelompok kecil yang biasanya terwadahkan dalam organisasi Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). KIR sebagai organisasi ekstrakurikuler di sekolah sangat membantu siswa dalam aktualisasi diri dan mengembangkan kemampuannya dalam menulis dan berpikir serta bersikap ilmiah. Untuk itu penulisan karya ilmiah remaja dengan menggunakan cara dan teknik yang baku akan dapat meingkatkan kualitas siswa, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekolah.