Main Article Content

Abstract

Penggunaan handphone dan media sosial sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagi remaja yang tidak dapat dikendalikan emosinya, dapat berdampak negatif terhadap sikap dan kehidupan sosial di sekolah maupun di masyarakat.


Penggunaan handphone dan media sosial memiliki banyak dampak positif yang didapat pengguna jika digunakan secara bijak dan hati-hati. Namun sebaliknya, penggunaan handphone dan media sosial akan berdampak buruk bagi penggunanya, jika penggunaannya tidak melakukan dengan bijak dan hati-hati, terutama bagi para remaja. Ada beberapa dampak dari penggunaan handphone dan media sosial, diantaranya handphone dan media sosial yang berdampak buruk bagi kesehatan remaja dan meningkatkan dampak emosional penggunanya.


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dampak positif dan negatif penggunaan handphone dan media sosial secara berlebihan dikalangan pertumbuhan masa remaja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan dua bentuk kegiatan yaitu (1) menonton video, dan (2) diskusi tentang dampak negatif penggunaan handphone dan media sosial serta pentingnya penggunaan,pemanfaatan secara bijak dan hati-hati dalam penggunaannya.


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di sekolah SMPN 1 Bangunrejo, Kecamatan Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa siswa SMPN 1 Bangunrejo sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini dan adanya peningkatan pemahaman tentang dampak positif dan negatif penggunaan handphone dan media sosial serta memahami tentang pentingnya penggunaan secara bijak dan hati-hati.


 

Keywords

Handphone; Media Sosial

Article Details