Penerapan Model Pembelajaran dengan Menggunakan Media Prezi untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan

  • Rendy Yudha Pratama Universitas Aisyah Pringsewu
  • Fajri Habibi STKIP Kumala Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan media prezi untuk meningkatkan pemahaman Mata Pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di SMK Pelita Madani Pringsewu. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang digunakan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas yang berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam beberapa aspek dalam pembelajaran. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus yang disesuaikan dengan alokasi waktu dan topik yang dipilih. Berdasarkan temuan penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media prezi dapat meningkatkan pemahaman Mata Pelajaran bahasa Inggris. Peningkatan ini ditunjukkan dengan ketercapaian rata-rata skor pemahaman konsep siklus I sebesar 73 dengan ketuntasan 69% dan pada siklus II sebesar 83 dengan ketuntasan 94%. Jadi dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan sebesar 50%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media prezi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Published
2023-05-31