Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah di SMP Negeri 16 OKU
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan untuk Mengetahui, Perencanaan, Pelaksanaan dan Hasil atau Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah di SMP Negeri 16 OKU. Jenis Penelitian ini Adalah Penelitian Evaluatif dengan Tujuan Deskriptif Menggunakan Rancangan Metodologi Gabungan (Mixed Methodology Design). Metode Pengumpulan Datanya Dengan Menggunakan Metode Observasi, Metode Wawancara, Angket Dan Metode Dokumentasi. Dalam Penelitian Ini, Metode Analisis Data yang Digunakan dalam Membahas Masalah-Masalah yaitu dengan Menggunakan Metode Analisis Deskriptif dengan Teknik Triangulasi. Sementara dari Sisi Kuantitatif, Analisis Data Menggunakan Cara Mentabulasikan Data Sesuai dengan Jawaban Siswa. Selanjutnya Peneliti Melakukan Interpretasi Data Mas- Ing-Masing Indikator Yang Diteliti. Evaluasi (Hasil) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Media Powerpoint Dari Aspek Kognitif Berupa Hasil Rapor Mengalami Kenaikan Nilai Sebesar 0,7. Hasil Penelitian Disimpulkanbahwa Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah SMP Negeri 16 OKU Dikategorikan Sangat Efektif.