Implementasi Media Edmodo dalam Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi

  • Rendy Yudha Pratama Universitas Aisyah Pringsewu
  • Subiyanto Universitas Tamansiswa Palembang
  • Aviv Fitria Yulia Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Edmodo, Implementasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, faktor kendala dengan menerapkan media Edmodo. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara dan dokumentai. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan media Edmodo dengan cara mengamati secara langsung jalannya proses perkuliahan Pengantar Teknologi Informasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari narasumber yaitu dosen Pengantar Teknologi Informasi maupun mahasiswa semester 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dosen menyampaikan kontrak perkuliahan yang akan dijalani selama satu semester, selanjutnya memberikan pengarahan kepada mahasiswa tentang media Edmodo. kendala masalah jaringan dan apabila ada mahasiswa yang kurang mampu memanfaatkan atau mengoperasikan laptop/komputer, maupun pengoperasian Edmodo, maka akan menghambat proses pemanfaatan media Edmodo sebagai media dalampembelajaran mata kuliah tersebut

Published
2024-01-20