PERSPEKTIF GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Amir Syaifurrohman - Universitas Aisyah Pringsewu Lampung
  • Fina Aulika Lestari
Keywords: Teacher, Islamic education, Position and Function of Teachers

Abstract

Guru merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan suatu pendidikan. Dimana guru mempunyai tugas utama untuk mendidik, membimbing, mengajar, mengarahkan, menilai, danĀ  melatih peserta didik. Guru merupakan sosok yang bisa membentuk karakter peserta didik. Sehingga guru dituntut untuk memiliki perencanaan pembelajaran yang matang dalam proses pendidikan agar mampu menghasilkan output yang berkualitas.

Besarnya peran guru dalam proses pendidikan untuk mecetak generasi yang cerdas dan bertanggung jawab menjadikan kedudukan guru sangat mulia. Islam sangat mengapresiasi peran guru dan mendudukkannya pada kedudukan yang sangat tinggi, sebagai pewaris para nabi dan orang yang paling dimuliakan Allah SWT. Peran guru dalam pendidikan Islam sebagai sarana kebaikan-kebaikan, keselamatan, dan kebahagian dunia dan akhirat menjadikan kedudukan guru sangatlah istimewa. Peran guru tidak ubahnya sebagai penerus risalah yang di bawa oleh nabi Muhammad SAW, yang diutus Allah untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Besar dan beratnya tanggung jawab guru dalam perspektif Islam yang mengemban amanah sebagai pendidik mengharuskan guru untuk benar-benar mempunyai kompetensi yang profesional. Dimana kompetensi sebagai guru yang profesional setidaknya memiliki kompetensi, pedagogig, kepribadian, sosial, dan spiritual. Dengan bekal kompetensi tersebut diharapkan guru mampu untuk mecetak peserta didik menjadi manusia yang seutuhnya

Published
2024-01-20