Pembelajaran terpadu dengan Edmodo: Efektivitas pembelajaran selama pandemi COVID-19

  • Salman Alfarisi Salimu Salman
  • Amir Syaifurrohman Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Blended learningCOVID-19 Edmodo Virtual learning

Abstract

Kondisi seluruh negara di dunia porak poranda dengan hadirnya wabah virus corona yang dikenal dengan Corona Virus Diseases-19 (COVID-19). Upaya pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tengah-tengah masyarakat adalah dengan memberlakukan kebijakan menjaga jarak, menghindari publisitas, sering mencuci tangan dan menggunakan masker. Hal ini juga berdampak pada bidang pendidikan dimana belajar dari rumah juga dikenal dengan istilah work from home (WFH). Pembelajaran dilakukan dengan sistem pembelajaran online yang minimal menerapkan jarak, perlindungan sosial fisik. Blended learning merupakan salah satu yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Edmodo yang dapat dilakukan secara online di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran blended learning dengan aplikasi Edmodo terhadap mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test dan post-test control group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran blended learning Edmodo pada siswa Pendidikan Teknologi Informasi selama masa pandemi COVID-19 efektif dan dapat digunakan sebagai solusi pembelajaran virtual.

Published
2022-11-10