Efektivitas Dosen Sebagai Fasilitator Pada Metode Pembelajaran Student Center Learning

  • Alfina Universitas Aisyah Pringsewu
  • Ulfa Usni Kurnia Universitas Aisyah Pringsewu
  • Rini Novita Universitas PGRI Sumatera Barat
Keywords: Efektivitas; Fasilitator; Metode Pembelajaran SCL

Abstract

Pembelajran yang inovatif dengan metode yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning) memiliki keragaman model pembelajaran yang menuntut partisipasi aktif dari mahasiswa. Metode-metode pembelajaran yang digunakan yaitu berbagi informasi (Information Sharing), belajar dari pengalaman (Experience Based) dan pembelajaran melalui Pemecahan Masalah (Problem Solving Based). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan mengexplorasikan data berbentuk penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam perkuliahan organisasi arsitektur komputer pada program studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP). Sampel penelitian adalah mahasiswa PTI yang mengikuti perkuliahan organisasi arsitektur komputer. Sumber data dalam penelitian menggunakan sumber data sekunder berupa informasi yang dikumpulkan berdasarkan penyebaran kuesioner kepada responden. Hasil pengolahan data statistik rhitung dengan rtabe, diperoleh rhitung = 0,497 > rtabel= 0,2108 (dalam taraf sifnifikansi 5%). Kemudian setelah dilakukan uji keberartian diperoleh hasil thitung = 5,285 > ttabel = 1,66298 (dalam taraf signifikansi 5%). nilai Fhitung 27,854 > Ftabel 3,953 dengan signifikansi 0.000<0.05 artinya signifikansi karna kurang dari 0,05maka Hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis terdapat pengaruh peran dosen sebagai fasilitator terhadap efektivitas belajar mahasiswa terbukti. Besarnya hubungan antara variabel peran dosen sebagai fasilitator dengan efektivitas belajar mahasiswa dapat dihitung dengan menggunakan korelasi product moment hasilnya sebesar 0,497 dimana nilai signifikansi 0,00< 0.05, besaran koefisien korelasi tersebut berada pada kategori hubungan yang lemah sehingga dapat disimpulkan bahwa peran dosen sebagai fasilitator memiliki hubungan lemah dengan efektivitas belajar mahasiswa. Koefisien determinasi variabel peran dosen sebagai fasilitator terhadap efektivitas belajar mahasiswa yang diperoleh yaitu sebesar 37%, dan sisanya sebesar 63% dipengaruhi oleh faktor lain.

Published
2023-06-05