https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Diteksi/issue/feedJurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi)2024-01-29T04:30:21+00:00Tahta Herdian Andikatahta.herdian.a@gmail.comOpen Journal Systems<p>The main aim is to facilitate development of scientific knowledge and innovation in the field of Information Technology Education. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi) accepts paper submissions in the field of Information Technology Education, innovation in Information Technology and various sub fields of computer science. Submitted writing should normally range from 2,500 to 6,000 words, although up to 7,500 words will be accepted under exceptional circumstances. Submissions based on research are highly valued as researches in Information Technology Education. Focused topics of interest of Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi) are:</p> <ol> <li class="show">Information Systems and Technologies</li> <li class="show">Multimedia</li> <li class="show">Software Engineering</li> <li class="show">Data Mining</li> <li class="show">Networking & Data communication</li> <li class="show">Mobile Computing and Applications</li> <li class="show">Information Technology Education</li> <li class="show">Other topics that related to Information Technology</li> </ol>https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Diteksi/article/view/IMPLEMENTASIMEDIAImplementasi Media Edmodo dalam Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi2024-01-29T04:30:21+00:00Rendy Yudha Pratamarendy.yudha@aisyahuniversity.ac.idSubiyantosubiyanto@universitastamansiswapalembang.ac.idAviv Fitria Yuliaavivfitriayulia0@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, faktor kendala dengan menerapkan media Edmodo. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentai. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan media Edmodo dengan cara mengamati secara langsung jalannya proses perkuliahan Pengantar Teknologi Informasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari narasumber yaitu dosen Pengantar Teknologi Informasi maupun mahasiswa semester 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dosen menyampaikan kontrak perkuliahan yang akan dijalani selama satu semester, selanjutnya memberikan pengarahan kepada mahasiswa tentang media Edmodo. kendala masalah jaringan dan apabila ada mahasiswa yang kurang mampu memanfaatkan atau mengoperasikan laptop/komputer, maupun pengoperasian Edmodo, maka akan menghambat proses pemanfaatan media Edmodo sebagai media dalampembelajaran mata kuliah tersebut</p>2024-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi)https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Diteksi/article/view/EFEKTIVITASPEMBELAJARANEfektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah di SMP Negeri 16 OKU 2024-01-20T06:54:14+00:00Desi Permata Sarirendy.tekpend@gmail.comRendy Yudha Pratamarendy.tekpend@gmail.com<p>Penelitian Ini Bertujuan untuk Mengetahui, Perencanaan, Pelaksanaan dan Hasil atau Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah di SMP Negeri 16 OKU. Jenis Penelitian ini Adalah Penelitian Evaluatif dengan Tujuan Deskriptif Menggunakan Rancangan Metodologi Gabungan (<em>Mixed Methodology Design</em>). Metode Pengumpulan Datanya Dengan Menggunakan Metode Observasi, Metode Wawancara, Angket Dan Metode Dokumentasi. Dalam Penelitian Ini, Metode Analisis Data yang Digunakan dalam Membahas Masalah-Masalah yaitu dengan Menggunakan Metode Analisis Deskriptif dengan Teknik Triangulasi. Sementara dari Sisi Kuantitatif, Analisis Data Menggunakan Cara Mentabulasikan Data Sesuai dengan Jawaban Siswa. Selanjutnya Peneliti Melakukan Interpretasi Data Mas- Ing-Masing Indikator Yang Diteliti. Evaluasi (Hasil) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Media Powerpoint Dari Aspek Kognitif Berupa Hasil Rapor Mengalami Kenaikan Nilai Sebesar 0,7. Hasil Penelitian Disimpulkanbahwa Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah SMP Negeri 16 OKU Dikategorikan Sangat Efektif.</p>2024-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Diteksi/article/view/PEMBELAJARANONLINEPembelajaran Online Menggunakan MOOC di Pendidikan Jenjang Tinggi2024-01-20T06:54:15+00:00Afra Lathifahafra.lthfh@gmail.comUlfa Isni Kurniaulfa@gmail.comFelani Henrianti Priyonofelani@gmail.com<p>Pembelajaran adalah perbuatan, upaya, atau cara mengajar yang dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuna. Abad 21 ini menunjukkan adanya pengaruh yang besar pada dunia pendidikan. Tren pembelajaran yang sedang terjadi adalah pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan berbagai teknologi. Pembelajaran jarak jauh biasanya berkaitan dengan e-learning, virtual learning, LMS (Learning Management System), ataupun MOOC (Massive Open Online Course). Kata “masif” yang digunakan dalam MOOC mengacu pada jumlah siswa, kursus, konten kursus, dan materi yang digunakan yang tidak terbatas. MOOC biasanya ditemukan pada pendidikan jenjang tinggi. Metode penulisan yang digunakan adalah tinjauan pustaka. Proses pencarian artikel dilakukan dengan menggunakan kata kunci, seperti “MOOC”, “higher education”, “online learning” dari berbagai sumber data terpercaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kinerja pembelajaran yang baik dengan menggunakan MOOC, ada beberapa faktor yang membuat MOOC berhasil dalam pembelajaran, dan terdapat pula tantangan dari penggunaan MOOC. Oleh karena itu, pemanfaatan MOOC yang dilakkan secara optimal dapat memberikan potensi dalam menghasilkan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa.</p>2024-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi)https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Diteksi/article/view/PERSPEKTIFGURUPERSPEKTIF GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM2024-01-20T06:54:15+00:00Amir Syaifurrohman -syaifurrohman1471@gmail.comFina Aulika LestariFinaaulika38@gmail.com<p>Guru merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan suatu pendidikan. Dimana guru mempunyai tugas utama untuk mendidik, membimbing, mengajar, mengarahkan, menilai, dan melatih peserta didik. Guru merupakan sosok yang bisa membentuk karakter peserta didik. Sehingga guru dituntut untuk memiliki perencanaan pembelajaran yang matang dalam proses pendidikan agar mampu menghasilkan <em>output</em> yang berkualitas.</p> <p>Besarnya peran guru dalam proses pendidikan untuk mecetak generasi yang cerdas dan bertanggung jawab menjadikan kedudukan guru sangat mulia. Islam sangat mengapresiasi peran guru dan mendudukkannya pada kedudukan yang sangat tinggi, sebagai pewaris para nabi dan orang yang paling dimuliakan Allah SWT. Peran guru dalam pendidikan Islam sebagai sarana kebaikan-kebaikan, keselamatan, dan kebahagian dunia dan akhirat menjadikan kedudukan guru sangatlah istimewa. Peran guru tidak ubahnya sebagai penerus risalah yang di bawa oleh nabi Muhammad SAW, yang diutus Allah untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.</p> <p>Besar dan beratnya tanggung jawab guru dalam perspektif Islam yang mengemban amanah sebagai pendidik mengharuskan guru untuk benar-benar mempunyai kompetensi yang profesional. Dimana kompetensi sebagai guru yang profesional setidaknya memiliki kompetensi, pedagogig, kepribadian, sosial, dan spiritual. Dengan bekal kompetensi tersebut diharapkan guru mampu untuk mecetak peserta didik menjadi manusia yang seutuhnya</p>2024-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi)