DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK KELAS UNGGULAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA SEKOLAH (STUDI KASUS:SMKN SUKOHARJO)

  • Aviv Fitria Yulia Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Data Mining K-Means Rapid Minner

Abstract

untuk meningkatkan mutupendidikan melalui layanan pembelajaran dan mutu siswa maka dilakukan pembentukan kelompok belajar siswa dalam kelas sesuai dengan kriteria-kriteria siswa.Hal ini dilakukan pada saat siswa menginjak di semester 3 Maka akan di Bagi Data siswa dikelompokkan menjadi kelompok siswa kelas unggulan.Dalam penentuan kelas unggulan maka di perlukan kriteria yaitu nilai akademik siswa menentukan siswa masuk ke kelas unggulan di dapat hasil penilaian. Dari hasil identifikasidata nilai rapot dari semester 1 sampai dengan semester 2.proses menggunakan data mining agar pengelompokan siswa di lakukan dengan tepat dan sesuai dengan apa yang di harapkan sekolah dengan kelompok siswa yang memang sesuai dengan kriteria dalam kelas unggulan.Setelah dilakukan pengujian dengan tool rapid miner , maka dapat di simpulkan sebagai berikut : Anggota cluster Kelas Unggulan memiliki 53 anggota, Anggota cluster Kelas Baik Sekali memiliki 83 anggota, Anggota cluster Kelas Baik memiliki 4 anggota dari total 140 dataset yang di uji.

Published
2023-05-31