https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/J-Rapa/issue/feed Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak (J-Rapa) 2024-03-27T06:41:52+00:00 Tahta Herdian Andika tahta.herdian.a@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak (J-Rapa) is a student scientific journal that was built with the aim of publishing articles dedicated to scientific development in the field of Software Engineering. Articles can be in the form of conceptual thoughts, ideas, innovations, creativity, best practices, book reviews and the results of research that has been done.<br><br>The other fields of study that examine topics related to Software Engineering are not limited to::<br><br>1. Software Engineering<br>2. Android Developer<br>3. Game Developer<br>4. Web Developer<br>5. Development of Information System <br>6. Artificial Intelligence <br>7. Computer Based Learning <br>8. Computer Networking and Data Communication</p> https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/J-Rapa/article/view/PERANCANGAN%20UI%20DAN%20UX PERANCANGAN UI/UX BERBASIS MOBILE PADA APLIKASI E-LEARNING SMARTPLUS ACADEMY MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN 2024-03-27T06:41:52+00:00 Zulkifli Zulkifli zulkifli@aisyahuniversity.ac.id Nuci Wahyuni nuci822@gmail.com Tahta Herdian Andika tahta.herdian.a@aisyahuniversity.ac.id Agustinus Eko Setiawan agustinus@aisyahuniversity.ac.id Fahlul Rizki fahlulrizki120@gmail.com <p>Smartplus <em>Academy</em> merupakan platform yang menyediakan pelatihan online berbasis kurikulum industri. Untuk memudahkan pengguna saat melakukan pembelajran <em>online</em> melalui <em>smartphone</em>, LKP Smartplus menginginkan pembuatan aplikasi <em>mobile e-learning</em>. Namun pihak LKP Smartplus mengalami kesulitan dalam melakukan perancangan desain aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna. Sehingga pada penelitian ini dilakukan perancangan UI/UX pada aplikasi <em>Smartplus</em> <em>Academy </em>&nbsp;dengan menerapkan metode <em>Human Centered Design.</em>Metode <em>Human Centered Design </em>adalah metode yang berfokus kepada manusia atau pengguna dalam merancang sebuah desain. Terdapat empat tahapan yaitu <em>understand and specify the contex of use</em>, <em>specifying the user requirements</em>, <em>producing design solutions</em> dan <em>evaluating the design. </em>Dalam tahap <em>evaluating the design</em> dilakukan pengujian <em>usability</em> menggunakan metode <em>usability testing </em>dan <em>system usability scale, </em>dengan mengukur tingkat <em>effectiveness,</em> <em>efficiency dan satisfaction</em>. Pengujian melibatkan 20 responden dengan memberikan 5 tugas, hasil pengujian tingkat <em>effectiveness </em>memperoleh 98%, <em>efficiency </em>97,85% dan <em>satisfaction</em> 97,37%. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa <em>design</em> <em>user interface </em>dan <em>user experience </em>aplikasi <em>Smartplus</em> <em>Academy</em> dapat digunakan secara <em>effective </em>dan <em>efficient, </em>serta dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak (J-Rapa)