DISRUPTIVE INNOVATION FOR GLOBAL COMPETITIVENESS: BLUE OCEAN BUSSINESS STRATEGY AND NEW PUBLIC MANAJEMENT STRATEGY IN A POSTMODERN PERSPEKTIVE

  • Yenny Marthalena Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Disruptive Innovation, Blue Ocean Strategy, New Public Management Strategy, Postmodern Perspective.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam bagaimana disruptive innovation for global competitiveness membawa perubahan terhadap strategi perusahaan, salah satunya adalah blue ocean dan transformasi kebijakan birokrasi di era milenial  melalui penerapan New Public Management Strategy berdasarkan perspektif posmodern. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel-artikel dari jurnal akuntansi dalam basis data elektronik (Elsevier, Emerald, Springer, dan Google Scolar). Kerangka konseptual terintegrasi yang dikembangkan yaitu Disrupsi akan menciptakan peluang sekaligus ancaman bagi siapapun. Bagi manusia yang merayakan perubahan, disrupsi adalah masa depan. Namun, bagi mereka yang sudah nyaman dengan keadaan saat ini serta takut dengan adanya perubahan, mereka akan berpikir bahwa ini adalah awal dari kepunahan. Strategi blue ocean muncul akibat persaingan pasar yang semakin ketat, sehingga blue osean mengajarkan kepada kita untuk bisa keluar dari persaingan. Kehadiran paradigma New Public Management diproyeksikan dapat memberikan solusi terhadap kompleksitas permasalahan sektor publik. New Public Management menawarkan gagasannya untuk meningkatkan kinerja sektor publik dengan transformasi spirit kinerja sektor swasta yang mengutamakan nilai efektivitas dan efisiensi. Salah satunya adalah dengan melakukan pemanfaatan teknologi informasi. Paradigma postmodern digunakan untuk kebangkitan kesadaran manusia pada tingkat yang lebih tinggi, yaitu kesadaran emosi, spiritual, dan intelektual yang lebih tinggi.

Published
2023-05-30