FAKTOR INDEPENDENSI AUDITOR: STUDI LITERATUR DENGAN PENDEKATAN INTERDISIPLINER

  • Yenny Marthalena Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: independensi, audit, penelitian akuntansi, hubungan auditor-klien, modal sosial, budaya organisasi, pembelajaran organisasi, perkembangan moral, etika.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor lain yang mempengaruhi independensi auditor melalui pendekatan interdisipliner dengan menggunakan teori sosiologi dan teori manajemen. Penelitian ini mencerminkan relevansi temuan dari audit buku penelitian dan berita terkait. Makalah ini kemudian memeriksa faktor-faktor independensi auditor lainnya yang seharusnya menjadi penelitian audit lebih lanjut yang paling berharga.

Peneliti menemukan faktor-faktor lain yang mempengaruhi independensi auditor. Dari pendekatan teori sosiologi ditemukan bahwa modal sosial dan budaya etis diprediksi mempengaruhi independensi auditor. Sedangkan dari pendekatan manajemen, pembelajaran organisasional dan pengembangan moral juga diprediksi mempengaruhi independensi auditor.

Penelitian ini memberikan saran untuk perbaikan faktor-faktor yang mempengaruhi independensi auditor dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang independensi auditor.

Published
2023-05-30