PENINGKATAN KEMAMPUAN PENATA USAHAAN DAN PELAPORAN BAGI APARAT PENGELOLAAN KEUANGAN PUSKESMAS GEDONG AIR
Abstract
Laporan keuangan untuk pemerintah daerah dibuat untuk memberikan rincian yang
relevan tentang situasi keuangan dan semua transaksi yang dilakukan dalam satu periode
pelaporan. Pemerintah daerah harus memiliki berbagai aspek sebagai penunjang dalam
melaksanakan penatausahaan dan pelaporan keuangan sesuai dengan peraturan perundang
– undangan khususnya standar akuntansi pemerintahan (SAP) yang berlaku. Mayoritas
pelaksana penatausahaan dan pelaporan keuangan di puskesmas gedong air tidak memiliki
laar belakang pendidikan akuntansi sehingga mengalami kesulitan dalam membuat
pertanggungjawaban atau laporan keuangan. Oleh karena itu, menjadi satu hal yang
penting untuk melakukan pelatihan dalam meningkatkan pemahaman dan wawasan aparat
pengelola keuangan puskesmas gedong air mengenai pengelolaan keuangan khususnya
penatausahaan dan pelaporan keuangan yang sesuai dengan SAP. Kegiatan pelatihan
menggunakan teknik penyampaian materi, diskusi, dan studi kasus pengelolaan keuangan.
Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pengetahuan dan kemampuan pengelola keuangan
puskesmas gedong air dalam mengelola dan melaporkan aktivitas keuangan telah
meningkat.