TRANSPARASI INFORMASI CSR DAN PERAN PERUSAHAAN DALAM KONTRIBUSI AKTIF DI ERA COVID-19

  • Witantri Dwi Swandini Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Corporate Social Responsibility, Sustainability Report, Analisis Konten, Retorika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintepretasikan retorika dalam pengungkapan informasi
corporate social responsibility yang tercantum di dalam sustainability report perusahaan dan
mengidentifikasi kepedulian perusahaan terhadap isu-isu ekonomi, lingkungan, sosial dan
kesehatan selama masa pandemi Covid-19 melalui pembentukan citra perusahaan. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis konten (content
analysis). Perusahaan sektor Engineering, Procurement, & Construction (EPC) yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk dipilih menjadi sampel
penelitian dengan tahun 2020 sebagai periode pengamatan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah studi dokumentasi dan pustaka. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa
pengungkapan informasi CSR WIKA terdapat retorika yang mengandung nilai positif di beberapa
bagian CSR dalam Sustainability Report. WIKA mengungkapkan informasi CSR yang berbentuk
cerita retorik bertujuan untuk membentuk citra positif perusahaan dalam memberikan perhatian
atas isu-isu ekonomi, lingkungan, sosial dan kesehatan selama menjalankan kegiatan bisnisnya.
Oleh karena itu, perusahaan secara aktif mencari strategi pelaporan untuk mendapatkan legitimasi
dari pemangku kepentingan.

Published
2021-11-02