REVIEW : TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KOTA MEDAN
Abstract
Kepuasan sendiri termasuk kedalam tingkat penilaian pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit dengan adanya penilaian kepuasan pasien dapat menjadi evaluasi bagi Rumah Sakit untuk memperbaiki pelayanan terhadap pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan di Rumah Sakit. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dari jurnal nasional dengan cara meringkas topik pembahasan dan membandingkan hasil yang disajikan didalam artikel. Hasil dari 8 jurnal yang digunakan, terdapat 5 jurnal penelitian yang menunjukkan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di rumah sakit kota medan baik yang dilihat dari presentase yang diberikan oleh pasien itu sendiri. Namun, terdapat beberapa jurnal mengatakan bahwa tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan rumah sakit kurang baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan rumah sakit kota medan tergolong baik.