EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GADINGREJO

  • Karenina Cita Amalia Universitas Aisyah Pringsewu
  • Mida Pratiwi Universitas Aisyah Pringsewu
  • Eddy Syamsuri Universitas Aisyah Pringsewu
  • Diah Kartika Putri Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Empati, Fasilitas, Jaminan, Kehandalan, Kepuasan, Ketanggapan, Puskesmas, Pelayanan Kefarmasian, Servqual.

Abstract

Provinsi Lampung mempunyai Puskesmas sebanyak 299 Puskesmas, dari proporsi
pelayanan farmasi Provinsi Lampung mencapai 24% menunjukan kurang
memuaskan. Survei lapangan terkait kepuasan pasien salah satu masalah penting
untuk mengetahui hasilnya karena dapat digunakan untuk peningkatan kepuasan
pasien. Terpenuhinya standar dalam pelayanan kefarmasian diharapkan dapat
memenuhi harapan dari pasien, yang biasa digambarkan sebagai kepuasan pasien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien di
Puskesmas Gadingrejo berdasarkan lima indikator servqual. Jenis penelitian ini
deskriptif dengan metode cross sectional menggunakan 23 item pernyataan dengan
skala likert. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat di Puskesmas
Gadingrejo dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil
penelitian kepuasan pasien berdasarkan lima indikator servqual yaitu kehandalan
(reliability) sebesar 78,76% kategori puas, ketanggapan (responsiveness) sebesar
80,05% kategori puas, jaminan (assurance) sebesar 79,2% kategori puas, empati
(empathy) sebesar 81,45% kategori sangat puas dan fasilitas (tangible) sebesar
80,28% kategori puas. Kesimpulan penelitian tingkat kepuasan pasien secara umum
atau mayoritas responden merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di
Puskesmas Gadingrejo sebesar 79,94% kategori puas.

Published
2023-10-31