EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPTD PUSKESMAS PRINGSEWU TAHUN 2022

  • Diah Kartika Putri Universitas Aisyah Pringsewu
  • Fera Nor Maliza Universitas Aisyah Pringsewu
  • Taufiki Miftausakina Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Pelayanan Kefarmasian, Mutu Pelayanan, Kualitas Pelayanan Kefarmasian

Abstract

Mutu pelayanan kefarmasian memegang peranan penting dalam penyelenggaraan kesehatan di Puskesmas. Tingkat kepuasan pasien yang rendah dapat dijadikan landasan untuk melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, dengan harapan kualitas pelayanan yang diberikan semakin meningkat sehingga terwujud derajad kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.  Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik demografis pasien kefarmasian di UPTD Puskesmas Pringsewu tahun 2022 dan mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPTD Puskesmas Pringsewu tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 90 pasien. Analisis data yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif. Karakteristik demografis pasien kefarmasian di UPTD Puskesmas Pringsewu pada penelitian terbanyak adalah pada usia 28-38 tahun dengan mayoritas jenis kelamin perempuan dan tingkat pendidikan SMA. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPTD Puskesmas Pringsewu berdasarkan lima komponen atau indikator dari variabel kepuasan memperoleh hasil 85,96% dan pasien di UPTD Puskesmas Pringsewu Tahun 2022 sangat puas dengan reliability, responsiveness, empaty, tangible, assurance yang diberikan oleh petugas kefarmasian terhadap pasien.

Published
2023-05-31