RIVIEW: TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS WILAYAH JAWA BARAT
Keywords:
Kepuasan, Pasien BPJS, PuskesmasAbstract
Kepuasan pasien diartikan sebagai tingkat emosi yang muncul setelah pasien membandingkan 
pelayanan kesehatan yang diterimanya dengan apa yang diharapkannya. Kepuasan pasien dapat 
dipengaruhi oleh asuransi atau jaminan asuransi kesehatan. Suatu bentuk asuransi kesehatan yang 
digunakan oleh masyarakat Indonesia semua orang adalah BPJS Kesehatan. Badan Penyelenggara 
Jaminan Sosial atau BPJS adalah badan pemerintah atau organisasi hukum yang didirikan 
berdasarkan undang-undang dengan tujuan menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia 
Pasien peserta BPJS adalah pasien Perorangan yang membiayai pelayanan kesehatan jaminan sosial 
dengan bantuan program jaminan kesehatan pemerintah. Tujuan penelitian untuk mengetahui 
lebih lanjut tingkat kepuasan pasien bpjs di puskesmas wilayah jawa barat. Metode 
penelitian yaitu menggunakan studi literatur dari jurnal baik nasional dengan cara meringkas 
topik pembahasan dan membandingkan hasil yang disajikan didalam artikel. Hasil dari 
penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kepuasan pasien peserta Badan 
Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terhadap pelayanan yang diberikan maupun terhadap staf yang 
melayaninya, karena dikatakan tidak baik atau sopan saat berbicara dengan pasien dan staf sering 
terlambat. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin minat pasien untuk menggunakan layanan 
Puskesmas menurun dan mereka lebih memilih layanan medis lain yang menjamin kepuasan dengan 
kualitas layanan yang lebih baik.
						