RIVIEW: TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS WILAYAH JAWA BARAT

  • Dwi Ratna Safitri Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung,Indonesia
  • Diah Kartika Putri Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung, Indonesia
  • Fadillah Ayu Sekar Waras Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung, Indonesia
  • Heni Dwi Safitri Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung,Indonesia
  • Nurtarisa Sutami Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung,Indonesia
  • Riesce Octa Verantika Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung,Indonesia
  • Windi Artika Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung,Indonesia
Keywords: Kepuasan, Pasien BPJS, Puskesmas

Abstract

Kepuasan pasien diartikan sebagai tingkat emosi yang muncul setelah pasien membandingkan
pelayanan kesehatan yang diterimanya dengan apa yang diharapkannya. Kepuasan pasien dapat
dipengaruhi oleh asuransi atau jaminan asuransi kesehatan. Suatu bentuk asuransi kesehatan yang
digunakan oleh masyarakat Indonesia semua orang adalah BPJS Kesehatan. Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial atau BPJS adalah badan pemerintah atau organisasi hukum yang didirikan
berdasarkan undang-undang dengan tujuan menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia
Pasien peserta BPJS adalah pasien Perorangan yang membiayai pelayanan kesehatan jaminan sosial
dengan bantuan program jaminan kesehatan pemerintah. Tujuan penelitian untuk mengetahui
lebih lanjut tingkat kepuasan pasien bpjs di puskesmas wilayah jawa barat. Metode
penelitian yaitu menggunakan studi literatur dari jurnal baik nasional dengan cara meringkas
topik pembahasan dan membandingkan hasil yang disajikan didalam artikel. Hasil dari
penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kepuasan pasien peserta Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terhadap pelayanan yang diberikan maupun terhadap staf yang
melayaninya, karena dikatakan tidak baik atau sopan saat berbicara dengan pasien dan staf sering
terlambat. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin minat pasien untuk menggunakan layanan
Puskesmas menurun dan mereka lebih memilih layanan medis lain yang menjamin kepuasan dengan
kualitas layanan yang lebih baik.

Published
2024-10-31