PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AISYAH PRINGSEWU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri Mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu terhadap pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, untuk mendeskripsikan mengenai penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada subjek berupa: Kontrol terhadap emosi yang berlebihan, mekanisme pertahanan diri yang minimal, Frustasi personal yang minimal, Pertimbangan rasional dan kemampuan mengarahkan diri, Kemampuan untuk belajar dan memanfaatkan pengalaman masa lalu; dan Sikap realistik dan objektif. Meskipun kedua subjek dapat menyesuaikan diri namun subjek (AR) mengalami kendala sinyal namun biasanya ia bisa menyesuaikan dirinya misalnya dengan berusaha berpindah tempat untuk mencari sinyal dengan kapasitas sinyal yang baik, sedangkan subjek (VA) ketika mengalami kendala sinyal, ia mengatasinya dengan bertanya kepada teman tentang materi yang tertinggal atau materi yang kurang jelas, dan juga menjaga komunikasi baik terhadap dosen jika ada kendala pada materi yang tidak dimengerti dalam proses pembelajaran.