Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan SosialTidak Membantu Stres Akademik
Abstract
Penelitian ini mendiskusikan hubungan antara disiplin beribadah dan dukungan sosial terhadap stres akademik
mahasiswa pada perguruan tinggi swasta berbasis nilai-nilai keislaman di Jakarta. Penelitian ini adalah survey
yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistikkorelasi. Sebagai alat pengumpulan data
dipergunakan kuesioner dengan skala tipe Likert yang mengukur disiplin beribadah, dukungan sosial dan stres
akademik yang dirasakan mahasiswa dan disiplin beribadah mahasiswa yang sebelumnya telah diuji validitas
dan reliabilitasnya dengan hasil baik. Analisisdata pada mahasiswa ini menunjukkan bahwa disiplin beribadah
memiliki korelasi yangnegatif dengan stres akademik, tetapi dukungan sosial tidak memiliki korelasi yang
signifikan dengan stres akademik. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan kontekstual pada variabel yang
memengaruhi stres akademik. Dalam hal ini, disiplin beribadah lebih memengaruhi mahasiswa dibandingkan
dengan dukungan sosial dalam mengatasi stres akademik yang mereka miliki. Dengan demikian, penanaman
nilai-nilai agama yang mementingkanpentingnya hubungan antar manusia dalamkonteks akademik menjadi
sangat penting dalam lingkungan ini.