Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variable bebas dan satu variabel
terikat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Gadingrejo. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Stratified Random Sampling, dan didapatkan 90 sampelsiswa SMA Gadingrejo. Instru-men yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri, regulasi emosi, dan motivasi berprestasi. Skala yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Uji Validitas menggunakan metode analisis Cronbach Alpha
pada kolom Corrected Item-Total Correlated, dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha.
Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis Regresi Model Ganda. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa
terdapat hubungan antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi, yakni dengan perolehan perhi-tungan beta =
0.589, t = 6.886, dan p = 0.000. Lalu pada perhitungan pada variable Regulasi emosi dengan Motivasi
Berprestasi didapatkan hasilnya beta = 0.197, t = 2.307, dan p = 0.023. Dan pada perhitungan kese- luruhan,
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan motivasi berprestasi
dengan perhitungan F = 41.611, R2 = 0.489, dan p = 0.000.