HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN KINERJA PETUGAS PELAYANAN DI POSYANDU PUSKEMAS PANGGUNG JAYA RAWAJITU KABUAPATEN MESUJI
Abstract
Salah satu bentuk program Puskesmas yang melibatkan partisipasi penuh masyarakat adalah "Pos
Pelayanan Terpadu" (POSYANDU). Program Posyandu melibatkan partisipasi dalam berbagai
layanan kesehatan dasar untuk masyarakat yang disediakan khusus untuk kelompok lansia.
Perkembangan dan peningkatan mutu pelayanan posyandu sangat dipengaruhi oleh peran serta
masyarakat diantaranya adalah petugas. Fungsi petugas terhadap posyandu sangat besar yaitu
mulai dari tahap perintisan posyandu, penghubung dengan lembaga yang menunjang
penyelenggaraan posyandu, sebagai perencana pelaksana dan sebagai pembina serta sebagai
penyuluh untuk memotivasi masyarakat yang berperan serta dalam kegiatan posyandu di
wilayahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara sikap kinerja petugas
kesehatan di posyandu dengan tingkat kepuasan lansia di posyandu Panggung Jaya Rawajitu
Kabuapaten Mesuji. Desain penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan cross sectional, sampel dalam penelitian ini adalah yang mengunjungi Posyandu,
teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 86 orang.