HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN REGULASI DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
Abstract
Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mempunyai motivasi
berprestasi yang tinggi, hal ini dapat dilihat pada kepercayaan diri dan tanggung jawab yang
dimiliki oleh para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara konsep
diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Responden dalam
penelitian ini sebanyak 45 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang masih
berstatus mahasiswa semester II. Alat ukur yang dipakai dalam bentuk skala, sedangkan data
penelitian dianalisis dengan menggunakan Analisa Regresi Ganda dengan bantuan program
SPSS versi 18. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan
antara konsep diri dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi dengan F = 31,680 dengan
p = 0,000 (p < 0,01). Ada hubungan positif signifikan antara konsep diri terhadap motivasi
berprestasi dengan r parsial= 0,256 dengan p= 0,019 (p < 0,005). Ada hubungan positif
signifikan antara regulasi diri terhadap motivasi berprestasi dengan r parsial= 0,701 dengan
p= 0,000 (p < 0,001).