Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa

  • Rully Afrita Harlianty Universitas Aisyah Pringsewu
  • Nazarudin Romadhoni Universitas Aisyah Pringsewu
  • Fajar Puspa Amali
Keywords: efikasi diri, regulasi emosi, motivasi berprestasi.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variable bebas dan satu variabel terikat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling, dan didapatkan 90 sampel siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Instru- men yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri, regulasi emosi, dan motivasi berprestasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Uji Validitas menggunakan metode analisis Cronbach Alpha pada kolom Corrected Item-Total Correlated, dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis Regresi Model Ganda. Hasil penelitian menun- jukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi, yakni dengan perolehan perhi- tungan beta = 0.589, t = 6.886, dan p = 0.000. Lalu pada perhitungan pada variable Regulasi emosi dengan Motivasi Berprestasi didapatkan hasilnya beta = 0.197, t = 2.307, dan p = 0.023. Dan pada perhitungan kese- luruhan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan motivasi berprestasi dengan perhitungan F = 41.611, R2 = 0.489, dan p = 0.000.

Published
2020-05-26