HUBUNGAN MOTIVASI DAN KOMPENSASI JASA PELAYANAN DENGAN KINERJA PETUGAS PUSKESMAS DI PUSKESMAS GADINGREJO

  • Hamid Mukhlis Universitas Aisyah Pringsewu
  • Atika Damayanti Universitas Aisyah Pringsewu
  • Vivi Dwi Silfia Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Motivasi, Kompensasi Jasa Pelayanan, Kinerja Petugas

Abstract

Motivasi merupakan karakteristik psikologis manusia yang memberi kontribusi pada tingkat komitmen seseorang. Secara sederhana motivasi menciptakan semangat dan gairah kerja sehingga produktivitas kerja meningkat, jadi motivasi adalah sesuatu yang pokok yang menjadi dorongan seseorang untuk bekerja Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti “Hubungan motivasi dan kompensasi jasa pelayanan dengan kinerja petugas di Puskesmas Gadingrejo”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan kompensasi jasa pelayanan dengan kinerja petugas Puskesmas di Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan teknik pengambilan sampel total populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua petugas kesehatan di Puskesmas Gadingrejo yang berjumlah 49 orang. Analisis data yang digunakan adalah Univariat dengan distribusi frekuensi dan Bivariat menggunakan chi square.

Berdasarkan analisis data dengan menggunakan chi square diperoleh hasil p=0,00 dan p=0,002 atau p value < 0,05 yang artinya ada hubungan motivasi dan kompensasi jasa pelayanan dengan kinerja petugas Puskesmas di Puskesmas Gadingrejo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk petugas kesehatan agar dapat motivasi guna meningkatkan kinerjanya, kemudian untuk organisasi diharapkan untuk dapat lebih meningkatkan kompensasi jasa pelayanan sesuai dengan tanggung jawab petugas.

Published
2019-11-27