HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU MEMBELI IMPULSIF PADA REMAJA PUTRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara konformitas dengan perilaku membeli impulsif pada remaja putri. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara konformitas dengan perilaku membeli impulsif pada remaja putri. Penelitian ini dilakukan pada 60 orang remaja putri kelas 2 IPS 1, 2, dan 3 di SMA Muhammadiyah III Yogyakarta. Data penelitian diungkap dengan Skala Konformitas dan Skala Perilaku Membeli Impulsif. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Karl Person. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,383 (p<0,01), dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat konformitas remaja putri, maka perilaku membeli impulsifnya akan semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah tingkat konformitas remaja putrid, maka perilaku membeli impulsifnya akan semakin rendah pula. Sumbangan variabel konformitas dalam memprediksikan timbulnya perilaku membeli impulsif pada remaja putri sebesar 14,6 % sehingga 85,4 % sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain.