Perilaku Imitasi pada Dewasa Awal Penggemar K-POP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku imitasi yang dilakukan oleh dewasa awal karena belakangan ini di indonesia banyak selebritis yang menjadi topik harian dalam tayangan televisi maupun sosial media, sehingga dewasa awal mengikuti trend saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah individu dewasa awal yang melakukan perilaku imitasi pada penggemar K-Pop yang berusia 19 sampai 40 tahun, tertarik pada kehidupan selebriti terutama Boyband atau Girlband Korea, kondisi individu yang merasa memiliki hubungan personal yang kuat dengan selebriti idolanya, melakukan intraksi para sosial dengan idol K-Pop, aktif melakukan pencarian informasi mengenai idol K-Pop dan memiliki barang-barang yang berhubungan dengan idolnya. Pemilihan subjek menggunakan Purposive Sampling sesuai dengan kriteria di atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku imitasi subjek adalah jenis peniruan langsung dengan mengoleksi poster, hoodie dan MV serta foto-foto idol, subjek juga meniru gaya berpakaian idolnya yaitu dengan menggunakan hoodie. Dalam hal tersebut perilaku yang ditiru oleh subjek termasuk perilaku imitasi yang positif.