Penerapan Person-Centered Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Rendah Pada Mahasiswi STKIP

  • Rully Afrita Harlianty Universitas Aisyah Pringsewu
  • Shinta Oktavia Universitas Aisyah Pringsewu
  • Ningrum
  • Vivi Dwi Silfia Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Person-Centered, Kepercayaan diri, Mahasiswi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental tentang penerapan person-centered dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa STKIP. Subjek penelitian yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Person Centered Therapy hadir dengan mengutamakan pemberian kenyamanan bagi subjek untuk bercerita dan menjabarkan masalahnya serta mengungkapkan perasaan-perasaaannya. Setelah diberikan perlakuan layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy mahasiswa mengalami perubahan yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil angket post-test yang dilakukan. Angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) kepercayaan diri mahasiswa kelompok eksperimen sebesar 0,027 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 (0,027 ≤ 0,05). Dari hasil tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka hipotesis pertama yang di uji dalam penelitian ini, yaitu Terdapat perbedaan yang signifikan kepercayaan diri mahasiswa kelompok eksperimen, sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy.

Published
2019-11-27