Main Article Content

Abstract

  Dalam kehamilan trimester III sering terjadi perubahan fisiologis yang menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil. Salah satunya adalah sering buang air kecil karena terjadi penekanan pada kandung kemih. Tujuan LTA memberikan asuhan kebidanan komprehensif pada Ny.D pada Kehamilan, bersalin, nifas, KB, Dan By.Ny.D


Metode asuhan kebidanan dalam LTA ini jenis studi kasus yang digunakan dalam menyusun studi kasus ini adalah wawancara atau observasional dekriptif dengan pendekatan studi kasus untuk mempelajari kasus asuhan kebidanan secara komprehensif dengan 7 langkah varney dan data perkembangan menggunakan SOAP di PMB Tarwiyah Am.d Keb pada bulan Februari 2022-April 2022. Subjek dalam studi kasus ini dilakukan pada Ny.D mulai, TM III, Bersalin, Nifas, BBL, sampai KB. Dan bayi Ny.D.


Kesimpulan dari asuhan komprehensif ini dengan melakukan asuhan kebidanan secara mandiri dan kolaborasi serta penanganan secara dini, dari hasil study kasus ini terdapat ANC terjadi kesenjangan antara teori dan praktik pada pemeriksaan TM I ibu tidak memeriksakan kehamilanya dengan dokter, sedangkan pada INC, PNC, BBL dan KB tidak terjadi masalah dan tidak ada kesenjangan teori dan praktik, Di sarankan  kepada pasien untuk rutin memeriksakan kehamilan dan pentingnya USG pada TM I dan III guna mendeteksi adanya komplikasi pada saat kehamilan .

Keywords

asuhan kebidanan, komprehensif, komplikasi, kehamilan

Article Details